Shopee Perluas Akses UMKM

Pemprov Jateng Ajak UMKM Bertahan di Masa Pandemi Lewat Pelatihan

Shopee menunjukkan komitmennya dalam mendukung ekosistem UMKM dan mendorong perkembangan bisnis lokal di Indonesia melalui inisiatif “Shopee Pilih Lokal”. Program ini memberikan peluang yang sama bagi UMKM dan merek lokal, baik di kota besar maupun di daerah-daerah di seluruh Indonesia.

Selama paruh pertama tahun 2024, fitur Shopee Pilih Lokal berhasil menarik lebih dari 29 juta pengunjung. Fitur ini menjadi tempat khusus bagi pengguna untuk mencari berbagai koleksi produk lokal yang unggul dan berkualitas.

Selain membuka pintu bagi para pelaku UMKM dan merek lokal untuk mendapatkan eksposur yang lebih luas, Shopee juga mendukung peningkatan brand awareness mereka di tingkat nasional.

“Kami bangga bahwa Shopee pada semester awal ini telah berkontribusi dalam menciptakan pasar yang positif, tidak hanya bagi pelaku usaha lokal di pusat perkotaan. Para UMKM dan merek lokal dari daerah seperti Kabupaten Klaten, Pandeglang, dan Mojokerto termasuk yang mengalami peningkatan transaksi tertinggi tahun ini. Ini menunjukkan bahwa pelaku usaha lokal dari berbagai daerah memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat untuk menciptakan bisnis yang berkesinambungan dan penetrasi pasar digital yang inklusif,” kata Direktur Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna, pada Kamis, (3/7/2024).

Animo pengguna Shopee dari berbagai pulau di Indonesia juga terlihat dari tren produk lokal yang paling dicari. Di wilayah Indonesia Bagian Barat (Sumatera hingga Jawa), produk fashion seperti celana perempuan dan batik menjadi yang paling banyak dibeli, seiring perkembangan tren fashion. Produk kuliner khas seperti keripik pisang dari kategori Food & Beverage juga mendominasi penjualan.

Di wilayah Indonesia Bagian Tengah (Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Kepulauan Nusa Tenggara), produk dari kategori kecantikan seperti sunscreen menjadi yang paling dicari. Produk dari kategori fashion dan aksesoris seperti sandal dan kacamata juga populer.

Di wilayah Indonesia Bagian Timur (Maluku dan Papua), produk berteknologi tinggi dari kategori handphone dan aksesoris seperti case HP menjadi yang paling dicari. Produk Home & Living seperti rak piring dan gorden untuk jendela juga banyak dicari.

Untuk meraih pangsa pasar global, Shopee menghadirkan layanan Shopee Ekspor di mana lebih dari 26 juta produk lokal telah diekspor ke berbagai negara. Pada awal 2024, transaksi produk yang diekspor meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Pertengahan tahun 2024 menjadi bukti bahwa Shopee tidak hanya menjadi tempat berbelanja online, tetapi juga menjadi ruang perubahan yang aktif dalam membangun ekosistem bisnis lokal yang kuat dan berkelanjutan di seluruh Indonesia.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu