Shopee Support UMKM

Wabah Covid-19 yang melanda tiga tahun yang lalu meruntuhkan harapan para pengusaha, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pada saat itu, banyak UMKM yang terpaksa gulung tikar atau melakukan berbagai efisiensi untuk bertahan di tengah pandemi.

Namun, hadirnya e-commerce di tengah masyarakat menjadi salah satu sumber pendapatan bagi UMKM. Penjualan daring memungkinkan para pelaku usaha untuk mengakses pasar yang lebih luas dan meningkatkan omzet.

Salah satu contoh UMKM yang sukses berkat e-commerce adalah Patris, sebuah toko sepatu di Bogor yang didirikan oleh Ricco Antonius. Toko ini menjadi salah satu UMKM yang berhasil memperoleh keuntungan melalui bisnis online.

Memulai bisnis sepatu saat pandemi, penjualan toko Patris Official justru meningkat pesat dalam waktu kurang dari satu tahun. Meskipun awalnya Ragco merasa ragu mendirikan bisnis sepatu di tengah kebijakan lockdown, tekadnya yang kuat dan pengalaman keluarganya dalam bisnis sepatu membuatnya memutuskan untuk menjual produk secara online melalui Shopee.

Ricco yakin bahwa Shopee memiliki pangsa pasar yang sangat luas dan menyadari bahwa banyak masyarakat Indonesia beralih ke belanja online untuk memenuhi kebutuhan mereka.

“Kami memutuskan untuk menjual produk Patris secara online di Shopee agar dapat menjangkau lebih banyak pembeli. Kami merasa bahwa banyak masyarakat Indonesia yang berbelanja kebutuhan mereka di Shopee, sehingga kami yakin bahwa Shopee dapat membawa banyak pembeli kepada kami. Dari segi aplikasi penjual, Shopee sangat mudah digunakan,” jelas Ricco.

Perjalanan Patris di Shopee berkembang pesat selama tiga tahun terakhir. Mereka memulai sebagai penjual bintang (Star Seller) dan berhasil naik ke kategori penjual bintang tingkat atas (Star+ Seller) hanya dalam waktu kurang dari tiga bulan. Bahkan, Patris berhasil mencapai kategori ‘Mall’, yang merupakan kategori tertinggi untuk penjual di Shopee, dalam waktu kurang dari satu tahun. Keberhasilan ini didorong oleh penjualan yang konsisten, penilaian toko yang tinggi, dan tanggapan cepat terhadap pertanyaan pembeli.

Salah satu langkah penting dalam perjalanan Patris adalah bergabung dengan Program Ekspor Shopee. Dalam setahun terakhir, mereka berhasil mengekspor produk Patris ke Malaysia dan Singapura. Meskipun Patris saat ini lebih fokus pada pasar lokal melalui Shopee, mereka memiliki rencana untuk lebih aktif menjelajahi pasar ekspor ke negara lain di masa depan.

Program Ekspor Shopee membawa manfaat besar bagi Patris. Mereka hanya perlu mengirim pesanan ke gudang ekspor Shopee tanpa harus memikirkan perizinan dan cukai. Hal ini memungkinkan Patris untuk fokus pada apa yang mereka lakukan, yaitu menciptakan sepatu wanita berkualitas tinggi dan memenuhi kebutuhan pelanggan mereka.

Dalam sejarah bisnis Patris, dari pandemi yang awalnya menjadi tantangan hingga kesuksesan di platform Shopee dan Program Ekspor, satu hal yang tetap konsisten adalah semangat mereka untuk terus berkembang dan memastikan bahwa produk mereka tetap memenuhi standar kualitas tinggi.

Melalui dedikasi mereka, Patris adalah contoh sukses bagaimana platform digital dapat menjadi mitra ideal bagi penjual yang ingin mengembangkan bisnis mereka secara daring, baik di pasar lokal maupun internasional.

Kisah Patris dalam menjajaki pasar ekspor diharapkan dapat menginspirasi UMKM lain di Indonesia. Pekan lalu, Presiden Joko Widodo membentuk Satuan Tugas Peningkatan Ekspor yang berfokus pada UMKM di Indonesia. Satuan tugas ini bertujuan untuk mengembangkan pasar ekspor dan merumuskan strategi peningkatan peran ekspor usaha mikro, kecil, dan menengah dengan mengintegrasikannya ke dalam ekosistem penyedia ekspor nasional.

Dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah, semoga UMKM lain juga dapat meraih kesuksesan seperti bisnis online milik Ricco melalui platform Shopee. Shopee terbukti menjadi sarana yang baik dalam mendigitalisasi bisnis UMKM, membuka akses ke mitra yang lebih luas, dan mengembangkan bisnis secara lebih besar.

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu