Stasiun Daop 4 Semarang Izinkan Anak di Bawah 12 Tahun Naik Kereta, Ini Syaratnya

Stasiun Daop 4 Semarang Izinkan Anak di Bawah 12 Tahun Naik Kereta, Ini Syaratnya

Anak usia di bawah 12 tahun sudah di perbolehkan melakukan perjalanan menggunakan mode transportasi kereta api. Syarat perjalananmenggunakan mode transportasi ini dengan di dampingi orang tua dengan membawa bukti kartu keluarga serta memenuhi syarat tes bebas Covid-19.

Hal ini menyusul diterbitkannya peraturan terbaru sesuai dengan SE Kementerian Perhubungan nomor 89 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19.

“Meski kembali diperbolehkan, anak di bawah 12 tahun tetap harus memenuhi persyaratan seperti hasil negatif pemeriksaan Covid-19 bagi pelanggan KA jarak jauh,” jelas Executive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang, Wisnu Pramudyo kepada wartawan, Jumat (21/10/2021).

Sedangkan, syrat penumpang KA jarak jauh dan lokal di atas usia 12 tahun yakni wajib menyertakan bukti vaksin Covid-19 minimal dosis pertama. Dan bagi yang tidak bisa di vaksin karena kondisi kesehatan atau komorbid bisa membawa surat keterangan sehat dari dokter.

“Pelanggan KA jarak jauh wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tea RT-PCR maksimal 2×24 jam atau rapid antigen maksimal 1×24 jam sebelum jadwal keberangkatan,” ujar Wisnu.

Mulai 26 Oktober 2021, penumpang kereta api jarak jauh wajib memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) pada kolom nomor identitas saat melakukan pemesanan tiket. Sedangkan untuk kereta api lokal, syarat tersebut sudah berlaku sejak 31 Agustus 2021. “Penggunaan NIK ini juga bertujuan untuk memvalidasi status vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19 calon pelanggan. Pasalnya, KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding KAI,” pungkasnya.

You might also like
Tags: , , , , , , ,

More Similar Posts

Menu