Susah Temukan Tabung Oksigen Didaerah Kabupaten Semarang

Melonjaknya kasus orang yang terpapar virus covid-19 mengakibatkan kurangnya asokan oksigen medis, hal itu membuat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Semarang Bondan Marutohening “blusukan” ke berbagai agen dan tukang las untuk mencari pasokan oksigen untuk memenuhi kebutuhan pasien covid yang saat itu membutuhkan perawatan.

Bondan mengatakan, pada Sabtu (10/7/2021) ia mendengar kabar bahwasanya terjadi kerusakan jaringan listrik di Kabupaten Kendal. Kerusakan tersebut berimbas ke PT Samator yang selama ini bertugas memasok oksigen medis.

“Tentu ini juga akan berefek ke wilayah Kabupaten Semarang, kalau kita tidak gerak sendiri, bisa-bisa ada kekosongan,” jelasnya saat dihubungi, Minggu (11/7/2021).

Kemudian ia mengumpulkan relawan untuk mendata agen-agen gas yang ada dikabupaten Semarang.

“Kami mencari, mengumpulkan hingga Minggu (11/7/2021) sekitar pukul 03.00. Setelah istirahat sebentar, paginya bergerak lagi mencari oksigen agar bisa memenuhi kebutuhan,” kata Bondan.

Harapannya supaya pasokan oksigen kembali stabil dan pasien-pasien civud-19 yang membutuhkan tabung oksigen, bisa terpenuhi.

“Memang saat ini kondisinya semua membutuhkan oksigen. Jadi kita jemput bola untuk memenuhi kekurangan tersebut,” ucapnya.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha menjelaskan agar segera diatas untuk kebutuhan oksigen dibeberapa rumah sakit karena terpaksa stok tabung oksigen yang ada dipuskesmas dialihkan sementara.

“Ini kita masih menunggu kiriman oksigen. Itu karena gardu induk listrik di PT Samator rusak. Harapannya hari ini sudah ada kiriman untuk oksigen di RS Ken Saras, RSUD Ungaran, dan lainnya,” terangnya.

Ada 10 tabung oksigen yang berada dipuskesmas dialihkan ke rumah sakit, karena keterlambatan pasokan tabung oksigen.

“Kita juga masih mencari dari luar untuk mengatasi masalah tersebut. Seluruh komponen bekerja bagaimana agar kebutuhan oksigen ini tetap lancar dan dropping-nya tidak tertunda,” ucapnya.

Ditempat lain Elsih Lestanti, Kepala Bidang Humas dan Hukum Rumah Sakit Ken Saras menyampaikan kebutuhan oksigen dalam kondisi normal mencapai 9 vgl. “Kalau 1 vgl itu 175 liter, tapi saat ini kami mencari ke sana ke mari dan mengambil sendiri karena memang kebutuhan oksigen meningkat,” ujarnya.

You might also like
Tags: , , , , , , ,

More Similar Posts

Menu