Syarat Ke Jepang Tanpa Visa

Jepang, yang dikenal dengan keberagaman budaya, kuliner, dan keindahan alamnya, merupakan salah satu tujuan favorit wisatawan. Kabar baik datang bagi wisatawan Indonesia, karena sekarang Jepang telah menjadi salah satu negara yang dapat dikunjungi tanpa visa, dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Dengan demikian, pemegang paspor Indonesia tidak perlu lagi menghadapi kesulitan dalam mengurus pengajuan visa.

Sebagai informasi, visa adalah dokumen izin yang dikeluarkan oleh negara tujuan untuk memasuki wilayahnya. Saat ini, beberapa negara memberikan akses bebas visa bagi warga negara Indonesia (WNI), dan pemegang paspor Indonesia juga dapat memperoleh visa-on-arrival atau eTA (Electronic Travel Authority).

Bagi WNI yang ingin mengunjungi Jepang, memiliki electronic passport (e-paspor) yang diluncurkan sejak 2011 oleh Kementerian Hukum dan HAM sangat penting. E-paspor Indonesia dilengkapi dengan chip yang menyimpan data biometrik, memungkinkan pemiliknya melewati autogate di bandara yang menyediakan fasilitas tersebut.

Keuntungan menggunakan e-paspor Indonesia adalah kemudahan mendapatkan bebas visa ke Jepang melalui program Visa Waiver. Program ini memungkinkan pelancong masuk ke Negeri Sakura tanpa mengajukan visa, asalkan mereka memiliki e-paspor.

Namun, perlu diingat bahwa bebas visa berlaku untuk kunjungan maksimal 15 hari. Jika niatnya lebih lama atau untuk bekerja di Jepang, WNI dengan e-paspor harus mengajukan visa sesuai peraturan yang berlaku.

Sejak 27 Maret 2023, berlaku kebijakan Bebas Visa dengan Sistem Registrasi Pra-keberangkatan bagi pemegang e-paspor. Registrasi Pra-keberangkatan dapat diajukan secara daring melalui Sistem Pembebasan Visa Jepang (Japan Visa Exemption System-JAVES), memungkinkan pemohon untuk lebih mudah mengurus registrasi tanpa harus mengunjungi kantor perwakilan atau pusat visa.

Pemohon wajib membuat akun di situs web JAVES dan mengikuti prosedur pengajuan Registrasi Pra-keberangkatan. Setelah registrasi selesai, pemohon akan menerima notifikasi email dan dapat menampilkan “Pemberitahuan Registrasi Pembebasan Visa” sebagai bukti registrasi.

Bagi yang tidak menggunakan sistem ini, mereka tetap dapat mengajukan Registrasi Bebas Visa Pra-keberangkatan di Kantor Perwakilan Jepang di Indonesia, dengan media kertas dan mendapatkan stiker bukti Registrasi Bebas Visa di e-paspor.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu