Syarat Membuka Franchise Indomaret

Siapa yang tak kenal dengan Indomaret? Indomaret merupakan salah satu jaringan minimarket paling terkenal di Indonesia, menyediakan berbagai kebutuhan pokok dan sehari-hari. Minimarket berwarna khas merah, biru, dan kuning ini adalah bagian dari Salim Group dan memberikan peluang bagi siapa pun yang ingin memiliki waralaba sejak tahun 1997.

Dengan menjadi mitra Indomaret, masyarakat dapat meraih pendapatan tambahan, mengingat popularitas besar yang dimiliki Indomaret, yang dapat menjadi sumber pendapatan yang menarik.

Bagaimana caranya dan berapa biayanya untuk membuka gerai Indomaret? Berikut adalah syarat dan biayanya, sebagaimana dilansir dari situs resmi indomaret.go.id.

Syarat membuka gerai Indomaret:
1. Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Menyediakan lokasi usaha di area komersial dengan luas ideal 120-200 m2
3. Memiliki izin usaha minimarket lengkap: Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atau Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Pengusaha Kena Pajak (PKP), Izin Lingkungan, Domisili (bila diperlukan), Nomor Induk Berusaha (NIB), Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW), dan Izin Lainnya Sesuai Ketentuan Perizinan yang berlaku.
4. Menyediakan dana investasi
5. Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem Waralaba Indomaret

Proses pembukaan gerai Indomaret:
1. Presentasi Pertama: Terwaralaba yang sudah memiliki usulan lokasi usaha sebaiknya membawa fotokopi dokumen pendukung seperti Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), NPWP, PKP, serta denah lokasi. Presentasi ini menjelaskan mekanisme kerjasama, besarnya investasi, keuntungan bulanan, dan sistem operasional toko.
2. Presentasi Kedua: Menyajikan hasil survey kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang menentukan nilai investasi. Biasanya, diikuti penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) yang merinci tugas antara Indomaret dan terwaralaba terkait persiapan pembukaan toko.
3. Pembukaan Toko: Setelah kesepakatan direalisasikan, toko siap dibuka dengan program promosi yang ditentukan oleh Indomaret. Sebelum toko dibuka, ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba selama lima tahun.

Estimasi biaya untuk membuka Indomaret:
1. Franchise fee selama lima tahun Rp36 juta
2. Biaya promosi dan persiapan pembukaan toko Rp9,5 juta
3. Biaya renovasi dan penambahan daya listrik Rp221,5 juta (estimasi renovasi bangunan, bisa disesuaikan untuk bangunan bukan ruko)
4. Biaya peralatan elektronik dan non-elektronik Rp227 juta

Total modal yang diperlukan untuk membuka gerai Indomaret dengan sistem waralaba adalah sekitar Rp494 juta. Penting diingat bahwa biaya ini dapat bervariasi tergantung pada kondisi bangunan dan tipe toko.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu