Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

Sebagian besar orang mungkin tidak menyadari bahwa tubuh mereka memberikan sinyal kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin D ini seringkali tidak menunjukkan gejala apa pun. Meskipun begitu, masih banyak perdebatan tentang seberapa banyak vitamin D yang diperlukan seseorang untuk tetap sehat. Namun, vitamin D tetap menjadi salah satu nutrisi penting bagi kesehatan.

Tanpa terpapar sinar matahari alami atau mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, seseorang mungkin tidak dapat mempertahankan kadar vitamin yang cukup. Ini menjadi masalah karena kekurangan vitamin D dapat merugikan kesehatan tulang dan otot.

Menurut Yale Medicine, vitamin D membantu tubuh dalam penyerapan kalsium dan fosfor, yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D dapat menghambat penyerapan kalsium dari makanan, yang diperlukan untuk menjaga tingkat kalsium yang memadai.

Kadar vitamin D yang seimbang juga berperan dalam meningkatkan penyerapan fosfor dari makanan. Paparan sinar matahari secara langsung pada kulit adalah sumber utama vitamin D bagi manusia. Selain itu, vitamin D juga bisa diperoleh dari beberapa makanan seperti ikan, kuning telur, susu, sereal yang diperkaya, atau melalui suplemen makanan.

Ketika kadar vitamin D rendah dan tubuh kesulitan menyerap kalsium dan fosfor dengan baik, risiko nyeri tulang, patah tulang, nyeri otot, dan kelemahan otot dapat meningkat. Pada orang dewasa yang lebih tua, kekurangan vitamin D yang parah juga dapat menyebabkan peningkatan risiko jatuh.

Beberapa tanda kekurangan vitamin D meliputi nyeri otot, sakit tulang, peningkatan sensitivitas terhadap rasa sakit, sensasi kesemutan di tangan atau kaki, kelemahan otot pada bagian tubuh tertentu, berjalan terhuyung-huyung, riwayat patah tulang, kedutan atau tremor otot, kejang otot, dan bahkan kaki tertekuk jika defisiensinya sangat parah. Gejala-gejala ini seringkali tidak disadari oleh banyak orang.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu