Tanda Tubuh Kurang Protein

Protein adalah nutrisi penting yang berperan dalam pembentukan massa otot, penguatan sistem kekebalan tubuh, dan mendukung mencapai berat badan yang ideal. Terdapat beberapa indikasi tubuh yang mengalami kekurangan asupan protein.

Protein, bersama dengan karbohidrat dan lemak, merupakan jenis nutrisi makro yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi. Menurut Rekomendasi Kebutuhan Gizi Harian atau RDA, orang dewasa yang tidak terlalu aktif disarankan untuk mengonsumsi 0,8 gram protein per kilogram berat badan.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), ini setara dengan sekitar 46 gram protein untuk wanita dan 56 gram untuk pria. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa asupan harian protein terpenuhi melalui konsumsi makanan seperti ikan, daging, ayam, tempe, atau tahu.

Beberapa tanda tubuh kekurangan protein meliputi kesulitan dalam membentuk otot, sering merasa sakit, cepat merasa lelah, perubahan mood, rambut dan kuku yang mudah rapuh, perasaan lapar yang konstan, anemia, kehilangan massa otot, kesulitan menurunkan berat badan, dan tulang yang rentan patah.

Dalam mencapai pembentukan otot yang optimal, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi protein sekitar 1,6 hingga 2 gram per kilogram berat badan diperlukan. Selain itu, asupan protein yang cukup juga dapat membantu menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh dan mencegah gejala lainnya seperti perubahan mood dan kelelahan.

Penting untuk memahami bahwa protein memiliki peran penting dalam berbagai fungsi tubuh, dan kekurangan asupan dapat berdampak negatif pada kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, memastikan asupan protein yang memadai melalui pola makan seimbang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu