Tanda Tubuh Kurang Tidur

Tidur merupakan kebutuhan esensial yang harus dipenuhi oleh setiap individu, karena merupakan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat dan mengembalikan tenaga setelah aktivitas sehari-hari. American Academy of Sleep Medicine menyarankan agar orang dewasa tidur minimal tujuh jam setiap malam, namun banyak yang tidur kurang dari lima atau enam jam karena padatnya jadwal harian.

Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk mengenali tanda-tanda tubuh yang menunjukkan kebutuhan istirahat lebih. Dr. Amy Shah, seorang dokter medis dan ahli gizi, merangkum beberapa tanda tersebut, termasuk kesulitan tidur, lupa mimpi, kelelahan pagi, peningkatan nafsu makan terhadap makanan cepat saji, bangun tiba-tiba, kantuk dan kelelahan sepanjang hari, sering terbangun malam, kekhawatiran dan banyak pikiran malam hari, mata merah dan bengkak, serta kantong mata hitam di pagi hari, serta emosi tidak stabil.

Untuk mengatasi masalah kurang tidur, dr. Shah merekomendasikan waktu tidur antara pukul 9.00 atau 10.00 malam dan bangun antara pukul 5.30 dan 7.00 pagi secara konsisten setiap hari. Ia juga menyarankan tidur siang selama 20 menit untuk mendapatkan energi tambahan. Selain itu, membatasi konsumsi protein hewani, gula rafinasi, garam, dan lemak jenuh dapat membantu menghindari pelepasan kortisol berlebihan. Sebagai alternatif, dr. Shah menganjurkan konsumsi buah dan sayuran yang mendukung produksi kortisol yang sehat untuk tidur yang lebih nyenyak.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu