Tanggul Sungai Longsor, Kawasan Warga Terancam Banjir

SMID-Tanggul Sungai Longsor, Kawasan Warga Terancam Banjir

Semarang – Tanggul sungai Jragung longsor sepanjang 70 menter di Desa Guntur, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Hal ini menyebabkan kawasan di wilayah Kabupaten Demak dan Grobogan rawan akan banjir.

Hujan deras yang mengakibatkan longsor tersebut terjadi pada 24 Mei 2021 dan hanya menyisakan badan tanggul seleber 1 meter.

Menurut pernyataan warga, sebelum terjadinya longsor badan tanggul sempat amblas beberapa meter sehingga setelah terjadinya hujan deras badan tanggul semakin longsor dan mencapai lebih dari 70 meter.

Jika terjadi curah hujan yang cukup tinggi maka air sungai dari limpahan tanggul tersebut akan mengancam area pertanian dan kawasan pemukiman warga di Kabupaten Demak. Tidak hanya itu, banjir juga akan merambah ke Desa Tajemsari, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan.

Warga khawatir bila debit air sungai B1 meluap tanggul sungai akan jebol, karena lokasi tanggul yang longor tepat berada di belokan aliran sungai dekat dengan bangunan bendung Guntur.

Sekretaris Desa Guntur, Winarto mengatakan air dari sungai B1 adalah hasil dari aliran sungai jragung yang merupakan sungai besar.

“Dalam 5 tahun terakhir ini sering terjadi tanggul jebol di seputar aliran sungai tersebut. Bila terjadi curah hujan tinggi dari hulu sungai, debit air sungai B1 hingga memenuhi tingginya tanggul sungai,” katanya.

You might also like
Tags: , , , ,

More Similar Posts

Menu