Target Penjualan Motor Tahun 2024

Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Sigit Kumala, mengungkapkan ambisiusnya dengan menetapkan target penjualan sepeda motor pada rentang 6,2 hingga 6,5 juta unit untuk tahun ini.

“Tahun ini, targetnya 6,2-6,5 juta unit,” kata Sigit, sambil menyoroti proyeksi beberapa faktor yang dianggap akan mendukung pertumbuhan ini. Salah satu faktor yang menjadi sorotan adalah antisipasi penurunan suku bunga Bank Indonesia pada tahun ini, yang diharapkan dapat merangsang aktivitas pembelian sepeda motor. Selain itu, Sigit juga menekankan peningkatan jumlah angkatan kerja sebagai salah satu faktor yang dapat mendorong pertumbuhan penjualan.

Sigit optimis dengan potensi ekonomi yang lebih kondusif di tahun 2024, serta harapannya terhadap situasi politik yang stabil, akan menjadi pendorong positif untuk mencapai target ambisius AISI tersebut.

Pada tahun 2023, penjualan sepeda motor di Indonesia mencapai 6,2 juta unit, sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh AISI. Jenis sepeda motor yang paling diminati di dalam negeri masih didominasi oleh skutik, menyumbang sekitar 89,73 persen atau sekitar 5,59 juta unit. Sementara itu, underbone dan sport masing-masing hanya mencatatkan 5,19 persen dan 5,08 persen dari total penjualan.

Data AISI yang dirilis di situs resmi pada Rabu (10/1) mencatat penjualan sepeda motor dari lima anggotanya, yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan TVS, sebanyak 6.236.992 unit selama 12 bulan. Meskipun terjadi penurunan pada bulan Desember 2023 menjadi 472.033 unit, angka tersebut tetap memenuhi target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Rincian penjualan sepeda motor tahun 2023 menunjukkan tren yang fluktuatif. Mulai dari 615.416 unit pada Januari hingga mencapai puncaknya pada Maret dengan 633.155 unit. Namun, penjualan mengalami penurunan pada April hingga Juni sebelum meningkat kembali pada Juli, dengan total penjualan domestik mencapai 6.236.992 unit.

Sementara itu, penjualan ekspor juga mencatatkan fluktuasi sepanjang tahun 2023. Dari 39.269 unit pada Januari hingga 42.737 unit pada Desember, angka tersebut mencerminkan dinamika pasar yang terus berubah. Meskipun ada penurunan pada bulan Desember, total ekspor sepeda motor mencapai 570.004 unit selama 2023.

Dengan dinamika pasar yang terus berkembang, AISI dan anggotanya berharap untuk dapat memanfaatkan peluang yang ada dan mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Dengan kondisi ekonomi yang lebih kondusif dan dukungan dari berbagai faktor lainnya, industri sepeda motor Indonesia berharap dapat mempertahankan pertumbuhan positifnya dalam beberapa tahun mendatang.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu