Tarif Parkir Semarang Naik

Tarif Parkir Tepi Jalan Kota Semarang Akan Mengalami Kenaikan karena Sistem Progresif
Kota Semarang bersiap-siap mengimplementasikan sistem progresif pada tarif parkir tepi jalan, yang berpotensi membuat biaya parkir semakin mahal. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang memiliki rencana untuk menerapkan tarif parkir progresif di zona tertentu di pusat kota.

Tarif parkir progresif ini didasarkan pada durasi waktu parkir, dengan biaya parkir yang akan meningkat setiap jamnya. Plt Kepala Dishub Kota Semarang, Danang Kurniawan, mengungkapkan bahwa uji coba tarif progresif akan dilakukan tahun ini, dengan dasar hukum yang telah disiapkan dalam peraturan wali kota.

Meskipun peraturan sudah ada, pihak berwenang belum menentukan zonasi tarif progresif. Zonasi ini akan diatur lebih lanjut melalui surat keputusan wali kota.

“Kami akan uji coba lokasi dengan tarif berjenjang atau tarif progresif. Jika sulit parkir di gedung parkir, silakan parkir di tepi jalan, asalkan itu adalah lokasi yang kami tentukan sebagai titik parkir. Tarifnya akan progresif per jam dengan tambahan biaya,” jelas Danang pada Jumat (5/1/2024).

Kebijakan ini dianggap sebagai inovasi dari Dishub untuk meningkatkan retribusi parkir dan meningkatkan keteraturan parkir tepi jalan. Menurut Danang, masyarakat seringkali lebih memilih parkir di luar gedung parkir.

Hingga saat ini, terdapat 841 titik parkir tepi jalan umum di Kota Semarang, di mana 500 titik sudah menerapkan parkir elektronik. Namun, implementasi parkir elektronik masih belum sempurna karena tidak semua juru parkir patuh terhadap aturan yang telah ditetapkan.

Dalam konteks ini, Dishub mengakui kesulitan dalam mengawasi setiap jukir dan menekankan pentingnya kesadaran bersama. Meskipun telah dilakukan sampling dan imbauan kepada jukir, masih ada pelanggaran aturan, seperti penerimaan uang tunai di zona parkir elektronik.

“Kami berharap adanya kesadaran bersama agar target realisasi parkir tepi jalan umum sebesar Rp25 miliar pada tahun 2024 dapat tercapai dengan inovasi dan ketaatan terhadap aturan parkir,” tambah Danang.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu