Tidak Unggah Berita Covid-19

Pandemi covid-19 nampaknya hingga saat ini belum juga selesai, pasalnya semakin hari jumlah pasien yang terinfeksi virus covid-19 bertambah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghimbau masyarakat agar menebarkan optimisme ditengah maraknya informasi terkait pandemi.

Hal tersebut disusul beredarnya sejumlah poster ajakan bagi warga didaerah Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara agar segera berhenti mengunggah berita tentang covid-19.

“Warga (kabupaten/kota) kompak untuk tidak upload berita tentang Covid-19 biar masyarakat tenang dan tenteram”.

Ganjar berharap masyarakat tidak resah dengan adanya poster pemberitaan yang muncul.

“Enggak, enggak tahu. Apa itu? Gini yang penting harus disebarkan adalah optimisme, jalan keluar, kisah inspiratif. Kalau pemberitaannya jangan menakut-nakuti, gitu lho. Kalau yang diceritakan yang serem-serem terus ya bikin orang takut,” ucap Ganjar kepada wartawan di kantornya, Rabu (14/7/2021).

Ganjar memberi gambaran seperti cerita optimisme soal pedagang yang tetap berjualan kisah orang yang menolong tetangga lewat Jogo Tonggo atau cerita inspirasi orang yang tetap di rumah selama pandemi dan berkorban demi kebaikan.

“Kalau kemudian yang muncul cerita-cerita sekarang mati sekian, terus kemarin ditemukan kotak mayat yang enggak ada isinya dan sebagainya, itu kan cerita-cerita yang kemudian orang akan bicara ini kok rumit semua, kan sangat jarang cerita ini lho sekian orang sembuhnya banyak,” jelasnya.

Menurut Ganjar, cerita terkait mengedukasi diri sendiri untuk menerapkan protokol kesehatan kesembuhan memang jarang ditemukan.

“Menurut saya, yang rasional, yang proporsional gitu, kurangi yang cerita serem-serem dan mengerikan gitu,” ucapnya.

Selanjutnya Ganjar juga menghimbau masyarakat supaya tidak mudah percaya dengan adanya berita-berita miring yang tersebar disosial media saat ini.

Seperti kejadian yang sempat viral belum lama ini, seseorang yang mengaku dokter namun informasi yang disampaikan kontradiktif dengan fakta.

“Nah yang seperti ini, ayo jaga diri, kita memang lagi tidak enak, kita lagi susah, kita berikan spirit-spirit semangat-semangat. Kita semua lagi susah hari ini, tapi kita musti memberikan semangat kepada masyarakat. Saya tahu itu sulit, tapi kita harus lakukan,” tambahnya.

nta 

You might also like
Tags: , , , , , , , ,

More Similar Posts

Menu