TikTok Ungguli Instagram & WhatsApp

TikTok Mendominasi Posisi Puncak Aplikasi Dunia, Instagram dan WhatsApp Terdesak
Saat ini, persaingan di dunia aplikasi semakin ketat, dan yang baru saja meraih predikat sebagai “raja” baru adalah TikTok.

Menurut laporan terbaru dari App Figures pada bulan Agustus 2023, TikTok berhasil menggeser aplikasi besar lainnya seperti Instagram dan Facebook dari puncak daftar aplikasi dengan unduhan terbanyak di seluruh dunia. TikTok berhasil menempati peringkat pertama dengan total unduhan mencapai 54 juta.

Prestasi gemilang ini juga berlanjut di platform iOS, di mana TikTok menjadi aplikasi paling banyak diunduh dengan catatan 16 juta unduhan baru selama periode yang sama.

Meski begitu, TikTok hanya kalah di platform Google Play, di mana ia menempati peringkat kedua dengan 38 juta unduhan, terpaut 4 juta unduhan dari Instagram.

Laporan dari App Figures yang dirilis pada Kamis (21/9/2023) menyatakan, “TikTok kembali memimpin dari Instagram, yang mempertahankan posisinya sejak Desember tahun lalu.”

Instagram sendiri berada di peringkat kedua untuk unduhan secara keseluruhan dengan jumlah 52 juta unduhan. Di platform iOS, aplikasi ini menempati peringkat ketujuh dengan catatan 10 juta unduhan.

Sementara itu, keluarga Meta, yang merupakan induk perusahaan Instagram dan Facebook, hanya berhasil masuk dalam daftar 10 besar aplikasi di platform Android untuk unduhan secara keseluruhan, dengan jumlah unduhan sebesar 35 juta di Google Play dan total unduhan mencapai 42 juta.

WhatsApp, salah satu aplikasi pesan populer dari Meta, berhasil masuk dalam 10 besar dalam tiga kategori berbeda, yakni di App Store menempati peringkat kesembilan dengan jumlah unduhan sebesar 9 juta, di Google Play berada di peringkat keempat dengan 27 juta unduhan, dan posisi keempat secara keseluruhan dengan 37 juta unduhan.

Sementara itu, aplikasi “anak baru” Meta, Threads, hanya berhasil masuk dalam 10 besar di App Store dengan jumlah unduhan sebanyak 10 juta kali.

Di sisi lain, rival WhatsApp, yaitu Telegram, juga berhasil masuk dalam 5 besar dalam daftar unduhan secara keseluruhan dengan jumlah mencapai 25 juta, meskipun terpaut 12 juta unduhan dari WhatsApp yang berada di posisi keempat. Di Google Play, Telegram juga menempati peringkat lima besar dengan 18 juta unduhan, meski tidak terlihat di App Store.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu