Tilang Elektronik Di Jawa tengah Menjadi Yang Tertinggi Di Indonesia

Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Kota Semarang Jawa Tengah meraih nilai tertinggi dalam pemberlakuan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) secara nasional yang digelar selama dua pekan, mulai 3 Januari 2022. Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes M Iqbal Alqudusy menghimbau, penindakan ETLE dalam kurun 13 hari di wilayah hukumnya berhasil menjaring 34.196 pelanggaran lalu lintas, baik mobil dan motor. Rinciannya, 33.780 pengendara sepeda motor, dan 416 pengendara roda empat.

Adapun sejauh ini Polda Jateng sudah memasang ribuan kamera ETLE yang tersebar di berbagai wilayah Jawa Tengah. “Jumlah pelanggaran fantastis dan denda dibayarkan tertinggi, dan saat ini terbesar dibandingkan kota lain di Indonesia,” ujar Iqbal, Sabtu (15/1/2022).

Menurut Iqbal, penerapan penindakan ETLE di wilayah Jawa Tengah ini, selama ini sudah berjalan cukup dinamis. Program tilang elektronik ini sangat diharapkan untuk dapat membuat penegakan hukum yang tegas dan transparan. Polda Jateng sendiri sudah meresmikan aplikasi GoSigap yang terintegrasi dengan pengiriman dokumen klarifikasi, sehingga proses penegakan hukum lebih mudah diakses oleh pelanggar. “Kami mengimbau kepada masyarakat untuk patuh dan disiplin dalam berlalu lintas, karna ETLE nasional presisi sudah ada di semua Polres jajaran Polda Jateng. Tentunya melalui program prioritas Bapak Kapolri, petugas lalu lintas tidak bersentuhan dengan pelanggar,” tegas Iqbal.

Kamera ETLE yang sekarang sudah bisa mendeteksi nomor polisi (nopol) kendaraan di luar dari wilayah tersebut.
Kamera ETLE juga dapat difungsikan sebagai menindak pelaku kejahatan jalanan. ETLE yang ada sejak 2019 diperbarui dan diperluas ke sebanyak 12 Polda. Disebut ETLE nasional, karena dapat dilakukan penindakan terhadap kendaraan dari luar daerah. “Tentunya keberadaan kamera ETLE secara tidak langsung juga dapat mengubah budaya masyarakat dalam berlalu lintas,” ucap Iqbal.

You might also like

More Similar Posts

Menu