Tilang Elektronik Di Jawa Tengah Telah Diresmikan

SMID-Tilang Elektronik Di Jawa Tengah Telah Diresmikan

Semarang – Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi menghadiri acara persmian launching Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik di Gedung Borobudur, Mapolda Jateng, Kota Semarang pada, Selasa (23/3).

Tilang elektronik ini untuk menilang para pengguna jalan yang melanggar peraturan lalu lintas. Dinyatakan bahwa terdapat sekitar 21 CCTV dan speedcam telah dipasang di sejumlah titik wilayah Jawa Tengah untuk merekam maupun memotret pelanggar lalu lintas.

Pemberlakuan ELTE ini bertujuan untuk menghindari anggota Polri dengan masyarakat, terutama disaat pandemi Covid-19 sekarang ini sehingga anggota polisi tidak kontak langsung dengan masyarakat. Dan sebagai alat untuk menyadarkan masyarakat agar selalu memtauhi peraturan lalu lintas seperti memakai helm, melanggar marka, tidak memakai sabuk pengaman, memakai hanphone saat berkendara, dan melawan arus.

Selain itu, pengendara yang menerobos lampu erah, ugal-ugalan, dan melebihi batas kecepatan dijalanan akan segera ditindak lanjuti. Apabila pelanggar bukan pemilik kendaraan akan diklarifikasi pertanggung jawabannya melalui nama yang tertera di STNK.

“Apabila tiga kali tidak ada respon secara otomatis akan diblokir, dan orang yang membayar denda harus menyertakan keseluruhannya baik KTP asli dan STNK. Harus sesuai jenis kendaraan dengan pemilik kendaraan sebenarnya,” ujar Ahmad.

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu