Tilang Uji Emisi

Kurang dari dua minggu lagi, penindakan dan penilangan uji emisi akan dilakukan kembali untuk kendaraan di Jakarta mulai tanggal 1 November 2023.

Advisable untuk memanfaatkan sisa waktu yang ada dengan melakukan uji emisi, karena jika Anda tertangkap di jalan dan melakukan pelanggaran, Anda akan dikenakan denda yang mencapai ratusan ribu rupiah.

Apabila kendaraan Anda belum lulus atau tidak menjalani uji emisi, maka polisi lalu lintas dapat memberikan tilang dengan denda sekitar Rp500 ribu untuk mobil dan Rp250 ribu untuk sepeda motor.

Anda dapat melakukan uji emisi di fasilitas yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta atau di berbagai bengkel yang telah mendapatkan sertifikasi. Biaya uji emisi untuk sepeda motor berkisar antara Rp40 ribu hingga Rp50 ribu, sementara untuk mobil, biayanya berkisar antara Rp150 ribu hingga Rp200 ribu.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah memastikan hasil uji emisi Anda tercatat dalam data uji emisi yang dikelola oleh Pemprov DKI.

Harap dicatat bahwa tidak semua kendaraan wajib menjalani uji emisi, sehingga tidak semua kendaraan dapat ditilang oleh polisi. Kewajiban uji emisi hanya berlaku untuk kendaraan yang berusia lebih dari tiga tahun, sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Gubernur Nomor 66 Tahun 2020 mengenai uji emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor, khususnya di Pasal 2.

Selain berisiko ditilang, jika kendaraan Anda belum atau tidak menjalani uji emisi, Pemprov DKI juga dapat memberlakukan sanksi lain berupa tarif parkir tertinggi di 24 lokasi parkir yang berafiliasi dengan Pemprov DKI. Mayoritas lokasi parkir ini berada di pasar, yang merupakan salah satu daerah ramai yang sering dikunjungi oleh warga Jakarta. Semua lokasi parkir ini dikelola oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya, yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik DKI Jakarta.

Selain itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga sempat mengusulkan kemungkinan membuat kelulusan uji emisi menjadi syarat untuk pembayaran pajak kendaraan, tetapi hingga saat ini, kebijakan tersebut belum diterapkan.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu