Tips Memilih Jas Hujan

Hujan semakin sering mengguyur di berbagai wilayah Indonesia. Bagi para pengendara motor yang suka berkeliling menggunakan sepeda motor saat musim hujan, sekarang diwajibkan membawa jas hujan.

Pemilik motor perlu memilih jas hujan yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan mereka agar dapat terhindar dari kecelakaan di jalan. Dengan mengenakan jas hujan, mereka masih bisa melakukan aktivitas berkendara dengan aman. Proses pemilihan jas hujan juga harus dilakukan dengan hati-hati.

Beberapa jenis jas hujan yang dianggap aman antara lain:

1. Jas hujan dua bagian

Jas hujan model dua bagian terdiri dari bagian atas dan bawah. Sesuai dengan namanya, jenis ini melibatkan penutupan seluruh tubuh pengendara sepeda motor, memberikan tingkat keamanan dan kenyamanan lebih karena bodi jas mengikuti bentuk tubuh.

Jas hujan ini biasanya dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti garis scotlight yang dapat menyala dalam kondisi gelap atau malam hari. Hal ini membuatnya lebih mudah terlihat oleh pengendara di belakang atau lampu jalan.

2. Jas hujan ponco

Jas hujan ponco memiliki bentuk mirip jubah dan memiliki ciri khas pada bagian samping yang tidak tertutup. Ukurannya relatif besar, memberikan ruang gerak yang luas bagi pengendara.

Meskipun jenis ini ada, namun kurang direkomendasikan karena bagian badan tidak tertutup, dan saat tertiup angin, jas hujan ponco yang besar dapat menjadi bahaya bagi pengendara yang berada di belakangnya. Selain itu, terdapat risiko lain jika jas hujan tersangkut di bagian rantai motor, yang dapat menyebabkan kecelakaan, seperti yang diungkapkan oleh Honda.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu