Tips Parkir Mobil Matic

Mengemudi mobil dengan transmisi otomatis memang terbilang mudah. Pengemudi hanya perlu menekan pedal rem dan akselerator untuk menggerakkan mobil ke depan, mundur, bahkan untuk parkir. Namun, banyak orang yang melakukan kesalahan saat memarkir. Kesalahan dalam mengoperasikan transmisi otomatis dapat berpotensi merusaknya dan mengakibatkan biaya perbaikan yang cukup besar. Oleh karena itu, pengetahuan tentang cara memarkir mobil otomatis sangat penting.

Cara yang benar untuk memarkir mobil otomatis adalah bukan dengan langsung menggeser posisi transmisi ke P, tetapi dengan mengaktifkan rem parkir atau rem tangan terlebih dahulu. Selanjutnya, baru pindahkan transmisi ke N, dan kemudian ke P.

Posisi tuas parkir yang dianjurkan saat memarkir mobil otomatis adalah pada posisi P. Beberapa mobil dilengkapi dengan sensor, sehingga mobil tidak akan dapat dihidupkan jika tidak dalam posisi P.

Pastikan pedal rem berada pada posisi P atau N saat mobil dinyalakan (dalam kondisi paralel). Ini dapat mencegah mobil meloncat saat dihidupkan.

Saat berhenti dalam waktu lama dengan mesin menyala, seperti saat menunggu lampu hijau, posisikan transmisi pada N (netral) dan aktifkan rem parkir sebagai tindakan pengaman.

Ketika memarkir paralel, posisikan tuas transmisi ke N dan pastikan mengaktifkan Shift Lock untuk melepas kunci transmisi.

Jika berhenti di jalan menanjak, hindari menekan pedal gas untuk menahan mobil, karena hal ini dapat membuat transmisi panas. Cukup posisikan transmisi ke N dan tarik rem tangan.

Selalu injak pedal rem saat memindahkan transmisi baik ke depan maupun ke belakang untuk mencegah mobil melompat jika pedal rem tidak diinjak.

Dalam menghadapi jalan menurun, terutama yang cukup panjang dan curam, pindahkan transmisi ke gigi 2, 3, atau L untuk memanfaatkan engine brake.

Mobil otomatis juga dapat menggunakan gigi rendah untuk mendapatkan tenaga tambahan saat menyalip kendaraan. Jadi, tarik tuas gigi 2, 3, atau L saat diperlukan.

Penting untuk merawat tuas transmisi dengan lembut saat memindahkannya agar tidak mudah rusak dan kasar, sesuai dengan keterangan dari Daihatsu.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu