Tsunami dan Dampak Gempa Jepang

Gempa Bumi dan Tsunami Guncang Jepang, 62 Warga Tewas
Jepang dilanda bencana pada Senin, 1 Januari 2024, setelah gempa bumi dengan magnitudo 7,6 mengguncang wilayah tersebut. Tragedi ini menyebabkan 62 orang tewas, dengan Prefektur Ishikawa menjadi daerah yang paling parah terkena dampak.

Operasi pencarian korban masih berlangsung, namun Prefektur Ishikawa menghadapi tantangan lebih lanjut karena kota tersebut kehilangan pasokan listrik akibat gempa. Selain itu, dampak gempa terlihat dari 25 rumah yang roboh dan kebakaran yang melanda 200 rumah di Wajima, serta 50 rumah di kota Suzu yang hancur.

Laporan dari NHK, stasiun TV lokal, menyebutkan bahwa gempa ini tidak hanya merusak rumah dan infrastruktur, tetapi juga memicu alarm dini tsunami di Peninsula Noto, Prefektur Ishikawa, yang bahkan mencapai wilayah Rusia.

Meskipun peringatan dini tsunami dikeluarkan setelah gempa, Agensi Meteorologi Jepang segera menurunkan statusnya menjadi “peringatan tsunami,” dengan prediksi gelombang tsunami setinggi maksimal 3 meter.

Penyebab Tsunami dan Mekanisme Terjadinya

Tsunami merupakan bencana yang disebabkan oleh gempa bumi, baik tektonik maupun vulkanik. NOAA menjelaskan bahwa tsunami adalah serangkaian gelombang air laut yang dapat menjalar dengan kecepatan hingga 900 kilometer per jam.

Gempa bumi menjadi penyebab utama tsunami, terutama jika pusat gempa berada di dasar laut dengan kedalaman kurang dari 60 kilometer dan magnitudo lebih dari 7,6 Skala Richter. Gempa dengan magnitudo 6,5 hingga 7,5 mungkin tidak langsung menyebabkan tsunami, tetapi masih memiliki potensi efek sekunder seperti longsor bawah laut.

Menurut Itic.ioc-unesco.org, gempa bumi di bawah laut terjadi akibat pertemuan dua lempeng bumi yang saling bertabrakan. Saat lempeng bertumbukan, terjadi pola sesar naik dan turun. Gerakan vertikal lempeng ini memicu pembentukan gelombang tsunami yang dapat melanda daratan. Lebih dari 80 persen tsunami terjadi di zona subduksi, seperti Kawasan Cincin Api.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu