Turunnya Hoaks di Pemilu

Menkominfo: Penyebaran Hoaks pada Pemilu 2024 Turun Dibandingkan dengan 2019
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi membandingkan tingkat penyebaran konten hoaks dan ujaran kebencian di media sosial selama proses Pemilu 2024 dengan Pemilu 2019.

Budi Arie mengungkapkan bahwa terjadi penurunan penyebaran konten hoaks dan ujaran kebencian dibanding lima tahun sebelumnya. Meskipun begitu, dia mengakui bahwa hoaks masih tetap ada dalam peredaran.

“Dibandingkan dengan tahun 2019, penyebaran hoaks pada Pemilu 2024 mengalami penurunan yang signifikan, namun demikian, kita tidak bisa mengabaikannya. Di masa kampanye, baik konten yang baik maupun buruk akan muncul. Hoaks masih menjadi perhatian kita,” ujar Budi di Makassar, pada Kamis (1/2).

Budi juga menyebut bahwa sepanjang tahun 2023 hingga Januari 2024, Kementerian Kominfo telah mengambil tindakan tegas terhadap 700 postingan dari berbagai akun media sosial yang menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian.

“Kita telah mengambil tindakan tegas terhadap sekitar 700 postingan yang mengandung hoaks dan ujaran kebencian, tanpa memandang siapa pemilik akunnya, baik itu pendukung calon nomor urut satu, dua, atau tiga,” tandasnya.

Budi menekankan pentingnya kerja sama antara Kementerian Kominfo dengan pihak kepolisian, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam menangkal penyebaran hoaks dan ujaran kebencian di media sosial selama masa Pemilu 2024.

“Kami telah bekerja sama dengan aparat kepolisian, terutama Direktorat Siber Bareskrim, serta seluruh unsur KPU dan Bawaslu. Jika ada pelanggaran hukum, itu menjadi wewenang aparat penegak hukum, khususnya kepolisian,” jelasnya.

Budi Arie juga mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam menyebarkan informasi di media sosial.

“Khususnya bagi pemilih pemula, saya ingatkan untuk tidak sembarangan menyebarkan informasi yang belum diverifikasi kebenarannya. Sebelum membagikan, ada baiknya untuk membaca dan memeriksa kebenarannya. Ingatlah untuk tidak menyebarkan hoaks,” pungkasnya.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu