Wamenkes, “PTM Beresiko Jadi Klaster Baru”

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono menyebutkan, persentase kasus terinfeksi Covid-19 pada anak meningkat 2 persen dibanding Juli 2021.

Pernyataan tersebut disampaikan Dante dalam Rakornas KPAI virtual, pada Senin (30/8/2021).

“Persentase kasus konfirmasi (positif) Covid-19 pada anak di bandingkan dengan dewasa meningkat 2 persen namun tidak meningkat pada kasus kematiannya,” beber Dante.

Dante menyiah, saat ini kasus terkonfirmasi Covid-19 pada anak sekitar 15 persen. Sementara, dua bulan lalu persentase kasus terkonfirmasi Covid-19 pada anak berada pada interval 12 hingga 13 persen. Sedangkan persentase kematian Covid-19 pada anak sekitar 2 persen.

“Angka kematiannya masih berkisar di antara 2 persen, di antara 2 persen kasus kematian pada anak itu terjadi dari 15 persen kasus konfirmasi yang meningkat pada anak-anak,” ungkapnya.

Dante mewanti-wanti data tesebut karena anak berpotensi menjadi salah satu sumber klaster pada keluarga.

“Apa yang terjadi pada anak-anak sebagai sumber primer dari klaster keluarga harus dicermati dengan baik, sehingga kita mewaspadai kalau ada anak-anak yang kena,” ujar Dante.

“Ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran tatap muka itu bisa mempunyai risiko jumlah kasus positif akan bisa meningkat, dan menjadi satu klaster baru. Jadi seyogyanya anak-anak diperiksa secara berkala juga sehingga anak-anak tidak jadi sumber klaster di kasus-kasus dewasa,” pungkasnya.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu