Warga Bekasi Tersesat Karena Google

10 Warga Bekasi Tersesat di Hutan Wonosobo Setelah Mengikuti Arah Google Maps
Sepuluh warga Bekasi mengalami kejadian membingungkan ketika mengendarai dua mobil dan tersesat di hutan Wonosobo, Jawa Tengah, pada Kamis (4/1/2024). Kejadian ini bermula ketika mereka mengikuti petunjuk arah dari aplikasi Google Maps.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, Dudy Wardoyo, menjelaskan bahwa insiden ini terjadi di Perkebunan Desa Tlogojati, Kecamatan Wonosobo. Proses evakuasi dilaksanakan hingga larut malam, mulai pukul 16.00 hingga 20.00 WIB.

“Iya benar, mereka tersesat, dan kami melakukan evakuasi bersama tim relawan,” ujar Dudy Wardoyo pada Jumat (5/1/2024).

Kejadian dimulai ketika sekelompok wisatawan dari Bekasi merencanakan liburan mereka di Wonosobo dengan tujuan akhir Dieng. Karena kurang familiar dengan rute perjalanan, mereka memilih mengandalkan Google Maps sebagai panduan navigasi.

“Sesampainya di Desa Tlogojati, Kecamatan Wonosobo, mobil masuk ke jalur perkebunan, dan mobil pertama mengalami masalah ban selip, sementara mobil kedua mengalami pecah ban,” ungkap Dudy.

Setelah insiden tersebut, para korban segera menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk meminta bantuan dan evakuasi. Tim Damkar kemudian berkoordinasi dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) dalam menangani situasi tersebut.

“Pelaksanaan evakuasi mobil memakan waktu sekitar 4 jam. Akhirnya, wisatawan dapat kembali ke penginapan mereka,” tambah Dudy.

Peristiwa ini menyoroti pentingnya kewaspadaan dalam mengandalkan navigasi online di daerah yang tidak dikenal, serta menunjukkan perlunya pemahaman yang baik terhadap rute perjalanan untuk menghindari kejadian serupa di masa mendatang.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu