WGN Hybrid Honda Bersaing

Toyota Voxy dan Nissan Serena Waspada dengan Kehadiran Honda Step WGN Hybrid

Toyota Voxy dan Nissan Serena di Indonesia harus menghadapi persaingan ketat dengan kehadiran Honda Step WGN Hybrid, atau yang juga dikenal dengan Step Wagon e: HEV. Saat ini, Honda tengah bersiap untuk memperkenalkan model MPV hybrid yang memiliki dimensi yang setara dengan Toyota Voxy dan Nissan Serena.

Kunjungan ke markas Honda Motor Co. LTD di Plaza Aoyama, Tokyo, Jepang, membawa kabar tentang hadirnya All New Honda Step WGN, yang telah dipamerkan di depan kantor Honda. Generasi terbaru dari Step WGN ini dirilis sebagai perayaan ulang tahun ke-25 MPV tersebut pada tahun 2021. Sebagai informasi tambahan, Step WGN generasi pertama diperkenalkan di Jepang pada tahun 1996. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Step WGN terbaru menampilkan desain yang lebih minimalis.

Dalam hal desain, MPV two-box yang besar ini terinspirasi oleh generasi pertama dan kedua dari Step WGN, tetapi dari sisi samping, terutama bagian belakang, terlihat sedikit mengingatkan pada Serena C26. Step WGN hadir dalam tiga varian, yaitu Spada e:HEV, Spada, dan Air. Mesin bakarnya menggunakan mesin 1.993 cc dengan DOHC 16 katup dan 4 silinder, yang menghasilkan tenaga sebesar 145 dk pada 6.200 rpm dan torsi sebesar 175 Nm pada 3.500 rpm. Adapun motor listriknya memberikan daya setara dengan 185 dk dan torsi sebesar 315 Nm.

Dalam perbandingan dengan Serena yang ada di Indonesia, Serena memiliki mesin 4-silinder berkapasitas 1.997 cc dengan tenaga sebesar 150 dk pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 199 Nm pada 4.400 rpm. Kemungkinan akan ada versi elektrifikasi Serena di masa depan dengan mesin 3 silinder berkapasitas 1.400 cc dan motor listrik. Sementara itu, All New Voxy dilengkapi dengan mesin 4-silinder berkapasitas 1.986 cc yang menghasilkan tenaga puncak sebesar 170 dk pada 6.600 rpm dan torsi sebesar 202 Nm pada 4.900 rpm, sesuai klaim dari Toyota.

Pertanyaannya sekarang adalah, apakah Honda Step WGN Hybrid akan segera hadir di Indonesia? Yusak Billy, Direktur Bisnis Inovasi, Penjualan, dan Pemasaran Honda Prospect Motor (HPM), tidak menutup kemungkinan dan memberikan harapan. Terutama, jika terdapat pilihan hybrid, segmen MPV mid-large di Indonesia masih memiliki peluang yang baik. Kehadiran Step WGN Hybrid Honda akan menjadi saingan serius bagi Toyota Voxy dan Nissan Serena di pasar Indonesia.

You might also like

More Similar Posts

Menu