WhatsApp Mirip Ecommerce

Penduduk India kini dapat melakukan pembelian, membayar layanan, dan melakukan transaksi lainnya di WhatsApp menggunakan pembayaran digital. Fitur pembayaran digital ini adalah hasil kolaborasi antara WhatsApp dengan PayU dan Razorpay untuk menyediakan pembayaran melalui kartu kredit, kartu debit, mobile banking, dan dompet digital.

Sebelumnya, WhatsApp juga telah memperkenalkan fitur pembayaran di Singapura dan Brasil. Di Singapura, WhatsApp bermitra dengan Stripe. Mark Zuckerberg mengumumkan fitur pembayaran digital di WhatsApp dalam acara Conversation 2023 yang digelar secara virtual oleh WhatsApp di Mumbai.

“Fitur ini akan memudahkan penduduk India untuk membayar bisnis melalui obrolan WhatsApp dengan menggunakan metode pembayaran pilihan mereka,” kata Zuckerberg seperti yang dilaporkan oleh TechCrunch.

WhatsApp memiliki lebih dari 500 juta pengguna di India. Metode pembayaran digital telah diperkenalkan oleh WhatsApp sejak tahun 2020 di India, menggunakan UPI, sistem pembayaran antar-perangkat mobile secara peer-to-peer.

Namun, WhatsApp bukan satu-satunya platform yang menyediakan sistem pembayaran UPI. Google melalui Google Pay, PhonePe yang dimiliki oleh Walmart, dan fintech lokal raksasa Paytm juga memiliki fitur serupa di dalam ekosistem masing-masing.

Sebelumnya, pedagang dan penyedia jasa di India hanya dapat menerima pembayaran melalui WhatsApp Pay. Penambahan sistem pembayaran baru ini memperkuat posisi WhatsApp sebagai platform jual-beli online.

WhatsApp Business menjadi sumber pendapatan utama bagi WhatsApp yang tidak mengenakan biaya langganan bagi pengguna dan tidak memiliki rencana untuk memasukkan iklan. Namun, menurut TechCrunch, hingga saat ini, jumlah transaksi di WhatsApp tidak menunjukkan peningkatan meskipun sudah terdapat sekitar 200 juta pengguna WhatsApp Business di seluruh dunia.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu