Wilayah PPKM Level 4 dan 3, Resmikan Syarat Perjalanan Domestik

Guna menekan laju penyebaran Covid-19, Pemeintah resmi perpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 2 Agustus 2021 mendatang.

Perpanjangan tersebut menjadikan syarat perjalanan domestik diberlakukan di sejumlah wilayah dengan level PPKM 4 dan 3. Syarat perjalanan domestik tersebut berlaku bagi mobil pribadi, motor, dan kendaraan umum jarak jauh seperti; pesawat, bus, kapal laut, dan kereta api.

Syarat perjalanan hanya berlaku untuk kedatangan dan keberangkatan ke Jawa dan Bali di wilaya yang memberlakukan PPKM level 4 dan 3 hinggan 2 Agustus mendatang.

Untuk persyaratan perjalanan pesawat yaitu kartu vaksinasi minimal dosis pertama dan menunjukkan hasil tes PCR yang dilakukan minimal dua hari sebelumnya. Sedangkan pelaku perjalanan darat hanya membutuhkan hasil tes antigen sehari sebelum berpergian.

Di sisi lain, pemerintah mengecualikan syarat perjalanan berupa kartu vaksin bagi supir kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya. Bagi mereka, syarat perjalanan hanya berupa sertifikat vaksinasi minimal dosis pertama.

Diketahui, pemerintah kembali memperpanjang PPKM di Jawa-Bali dan sejumlah wilayah di pulau lain hingga 2 Agustus guna menekan laju penyebran Covid-19. Namun, dalam perpanjangan kali ini pemerintah mulai melonggarkan sejumlah sektor yang sebelumnya ditutup secara total.

Pelonggaran berlaku bagi pasar rakyat yang menjual keperluan di luar sembako, seperti swalayan hingga mall di wilayah yang menerapkan PPKM level 3. Di wilayah terkait, pemerintah juga telah mengizinkan adanya resepsi pernikahan dengan kapasitas undangan minimal 20 orang.

You might also like
Tags: , , , , , , ,

More Similar Posts

Menu