Windows 12 Gagal?

Tidak Ada Kabar Terbaru Tentang Windows 12, Apakah Gagal? Terakhir kali kita mendengar kabar tentang Windows 12 adalah sekitar lima bulan lalu, tepatnya saat Microsoft merilis Windows Insider Canary Build 27545 secara internal. Setelah itu, tidak ada lagi kabar atau bocoran terkait generasi terbaru dari Windows ini.

Windows 12 sebelumnya sempat menjadi perbincangan hangat karena kabarnya Microsoft akan memperkenalkan banyak fitur baru, terutama peningkatan AI pada sistem operasinya. Istilah “AI PC” pun sempat ramai dibicarakan.

AI PC dan Kaitan dengan Windows 12

Pada awalnya, Windows 12 diprediksi akan menjadi tonggak munculnya AI PC. Namun, ternyata AI PC lebih mengarah ke Copilot+, sebuah sertifikasi khusus dari Microsoft untuk hardware yang memenuhi syarat tertentu. Kehadiran Copilot+ justru semakin meredam rumor tentang Windows 12. Banyak fitur AI baru malah diperkenalkan di Windows 11 versi 24H2, seperti Recall, Live Caption, dan Studio Effects.

Standar RAM 16 GB di Windows 12

Beberapa bulan lalu, ada kabar bahwa Windows 12 akan menetapkan standar RAM 16 GB. Faktanya, semua perangkat Copilot+ sudah membawa RAM minimal 16 GB, sesuai dengan syarat agar perangkat dapat dikategorikan sebagai perangkat Copilot+. Standar RAM 16 GB ini awalnya dikaitkan dengan AI PC yang diprediksi akan diluncurkan bersamaan dengan Windows 12, namun Copilot+ tampaknya mengaburkan semua rumor tersebut.

Apakah Kehadiran Copilot+ Akan Membuka Peluang untuk Windows 12?

Saat ini, Microsoft tampaknya semakin fokus pada perangkat Copilot+ untuk mendukung fitur AI yang mereka kembangkan. Fitur-fitur AI tersebut sudah diperkenalkan secara bertahap pada perangkat Copilot+ yang mulai dijual pada 18 Juni 2024. Meski begitu, apakah ini membuka peluang bagi Windows 12?

Banyak yang bertanya-tanya, jika Windows 12 benar-benar dirilis, apakah itu akan dikhususkan untuk perangkat Copilot+ saja, sehingga pengguna harus membeli perangkat baru? Atau, seperti sekarang, pengguna harus memiliki perangkat Copilot+ untuk mendapatkan semua fitur Windows 12?

Apakah Windows 12 Gagal?

Keputusan akhir tentu ada di tangan Microsoft. Jika mengikuti siklus pengembangan OS baru setiap tiga tahun seperti sebelum era Windows 10, seharusnya tahun 2024 ini kita mendapatkan OS baru yang diprediksi sebagai Windows 12. Namun, Microsoft tampaknya lebih fokus pada Copilot+ dan perilisan Windows 11 24H2. Beberapa bulan lalu, ada rumor bahwa Windows 12 mungkin diundur hingga tahun 2025. Jika tidak ada kabar pasti mengenai Windows 12 pada tahun depan, bisa jadi OS ini gagal dirilis atau diundur lagi tanpa batas waktu yang jelas.

Bagi saya, perkembangan Windows saat ini menunjukkan ketidakpastian, terutama dengan banyaknya perubahan keputusan yang diambil Microsoft. Saya sendiri penasaran bagaimana masa depan OS Windows, karena terasa seolah pengembangannya berjalan di tempat dan tidak banyak yang bisa diharapkan.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki opini lain? Apakah Windows 12 akan jadi dirilis, diundur, atau justru gagal? Berikan komentar Anda di bawah.

You might also like

More Similar Posts

Menu