Wow! Istana Konglomerat Pertama Asia Tenggara Berdiri di Semarang

Istana yang mulanya memiliki luas 81 ha milik konglomerat pertama Asia Tenggara di Semarang, Oei Tiong Ham, kini menjadi perkantoran.

Berada di Jalan Kiai Saleh Nomor 12-14, Mugasari, Semarang, bangunan istana yang dulu memiliki luas 81 ha kini berubah fungsi menjadi Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Tengah.

Dahulu, kompleks istana tersebut membentang sepanjang Jalan Pahlawan hingga Pandanaran dan Randusari. Istana Oei Tiong Ham, terdiri dari satu rumah induk, dua rumah berukuran lebih kecil di kiri kanan gedung utama yang dihubungkan dengan satu lorong beratap yang bertujuan untuk menghindari panas dan hujan, biasa disebut Pavillion. Lantai pada istana tersebut pun dilapisi oleh Oei Tiong Ham dengan marmer dari Italia.

Sementara, di belakang bangunan utama istana milik konglomerat pertama Asia Tenggara di Semarang ini memiliki beberapa bangunan rumah yang mengelilingi kolam. Namun kini, istana tersebut hanya menyisakan sebuah bangunan yang disebut Balekambang atau dikenal gedung gula.

Diberitakan, tiga tahun silam, Oei Tiong Ham sebelum tinggal di istana megah tersebut juga sempat hidup di Kampung Bojongsalaman RT 3/7, Semarang Barat.

Bangunan dua lantai tersebut terlihat kusam dan diyakini telah berusia lebih dari 100 tahun. Seorang warga yang menghuni bangunan tersebut, Suwarni (87) menyebutkan rumah bergaya arsitektur tempo dulu itu merupakan peninggalan keluarga Oei Tiong Ham, seorang pengusaha kaya keturunan China.

“Saya sudah tinggal di sini sejak 1960 silam. Saat kali pertama tinggal di sini, lingkungannya belum seramai ini karena sekeliling masih kayak hutan. Sekarang, sudah jadi permukiman,” cerita Warni di rumah tersebut, pada Rabu (29/3/2018).

Warni mengaku kediaman konglomerat pertama Asia Tenggara dari Semarang itu sempat digunakan sebagai asrama tentara. Bahkan, lantai kedua bangunan itu yang kini tak dihuni, sempat dijadikan barak bagi anggota tentara yang masih berstatus bujangan.

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu