Xpander Hybrid Harga Lebih Mahal

Xpander Hybrid Dijual Lebih Mahal Rp 54 Juta dari Xpander Biasa

Mitsubishi Thailand meluncurkan Varian Hybrid untuk Xpander
Mitsubishi Thailand telah secara resmi merilis varian baru untuk jajaran mobil elektrifikasi mereka, yaitu Mitsubishi Xpander Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Xpander Cross HEV, pada hari Kamis (1/2/2024).

Kedua mobil tipe LMPV (Low MPV) dan LSUV (Low Sport Utility Vehicle) ini memiliki spesifikasi yang serupa, dilengkapi dengan mesin baru MIVEC berkapasitas 1,6 liter. Berdasarkan data teknis, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 95 tk dan torsi mencapai 134 Nm.

Mitsubishi telah menggabungkan mesin MIVEC dengan sistem penggerak hybrid, yang terdiri dari motor listrik dengan tenaga 116 tk dan torsi 255 Nm, serta baterai hybrid yang ditempatkan di kursi penumpang depan sebelah kiri.

Ryoichi Inaba, Presiden dan CEO Mitsubishi Motors Thailand, menjelaskan bahwa kehadiran Mitsubishi Xpander Hybrid telah direncanakan sejak tahun 2022, dan pengembangannya berlangsung dengan cepat.

“Dalam Maret 2022, Mitsubishi Motor Thailand mengumumkan rencana untuk berkembang lebih jauh, yaitu dengan meluncurkan mobil penumpang berpenggerak listrik pada tahun 2024,” kata Ryoichi saat acara peluncuran di Thailand.

Dia menambahkan bahwa kehadiran Xpander Hybrid diharapkan dapat berkontribusi dalam mencapai dua tujuan besar, yaitu menurunkan emisi dan memaksimalkan program elektrifikasi.

“Ini juga merupakan bagian dari rencana Mitsubishi Global untuk mencapai target lingkungan global, sekaligus mencapai target nol emisi di Thailand pada tahun 2050,” tambahnya.

Harga dan Perbandingan

Dalam hal harga, Mitsubishi Xpander HEV memiliki harga sebesar 912.000 Baht Thailand atau sekitar Rp 405,7 juta setelah dikonversi ke dalam mata uang rupiah.

Sebagai perbandingan, Mitsubishi Xpander konvensional tipe GLS memiliki harga 789.000 Baht di Thailand, sekitar Rp 351 juta. Dalam perbandingan ini, varian Hybrid dijual dengan selisih harga sekitar 123.000 Baht atau sekitar Rp 54 juta lebih mahal.

Perbedaan harga yang signifikan ini dapat dijelaskan oleh beberapa faktor, termasuk teknologi sistem hybrid yang digunakan, serta mesin baru MIVEC dengan kapasitas 1,6 liter.

Diperlukan dicatat bahwa model-model Xpander Mitsubishi sebelumnya menggunakan mesin MIVEC dengan kapasitas 1,5 liter, dengan tenaga maksimal 105 tk dan torsi maksimal 141 Nm, angka yang masih berada di bawah varian terbaru.

Berikut adalah rincian harga Xpander HEV di Thailand, beserta varian Xpander konvensional sebagai perbandingan:

Varian Hybrid

  • Mitsubishi Xpander HEV: 912.000 Baht Thailand, sekitar Rp 405,7 juta

Varian Konvensional

  • Mitsubishi Xpander GLS: 789.000 Baht Thailand, sekitar Rp 351 juta
  • Mitsubishi Xpander GT: 895.000 Baht Thailand, sekitar Rp 398,2 juta
You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu