Youtuber Modifikasi PS5

Youtuber DIY Perks Sukses Mengubah PS5 Menjadi Konsol Portabel Layaknya Tablet
Seorang Youtuber bernama DIY Perks telah berhasil mengubah tampilan konsol PlayStation 5 (PS5) menjadi lebih ramping dan menyerupai tablet melalui proses modifikasi. Ia memberi nama hasil karyanya sebagai PS5 Tablet Edition, yang memiliki bentuk yang lebih kompak dan ukuran yang memudahkan untuk dibawa bepergian.

Eksperimen menarik ini dilakukan oleh DIY Perks karena ia merasa kecewa dengan keputusan Sony yang tidak merilis konsol handheld (di luar PlayStation Portal) dalam sepuluh tahun terakhir, terutama mengingat popularitas pasar konsol genggam yang sedang meningkat dengan adanya Nintendo Switch, Steam Deck, Asus ROG Ally, dan MSI Claw.

Menurut DIY Perks, Sony sebenarnya memiliki potensi untuk menciptakan konsol genggam dari PS5. Hal ini terlihat dari ukuran kecil motherboard PS5 dibandingkan dengan komponen lainnya. Meskipun komponen tersebut tidak sesuai untuk konsol portabel seperti Nintendo Switch, DIY Perks melihat potensi untuk digunakan dalam perangkat berukuran lebih besar, seperti tablet.

Dalam video yang dibagikan melalui YouTube, Matt Perks (nama asli DIY Perks) menjelaskan bahwa ukuran besar PS5, yaitu 104 mm (tinggi) x 390 mm (lebar) x 260 mm (ketebalan) dengan bobot 4,5 kilogram, disebabkan oleh sistem pendinginan yang memerlukan banyak komponen tambahan.

DIY Perks kemudian melakukan berbagai modifikasi pada PS5, termasuk merancang ulang sistem pendinginan dengan menambahkan heat sink tembaga baru dan mengubah rute heat pipe ke arah yang lebih efisien. Selain itu, ia juga membuat pelapis nikel dan menambahkan serangkaian kipas kecil untuk menjaga suhu konsol.

Hasilnya, PS5 versi ramping ini mampu menjalankan game Astro’s Playroom dengan suhu hanya 42 derajat Celcius, jauh lebih rendah dibandingkan sebelum modifikasi. DIY Perks bahkan berhasil menurunkan kecepatan kipas agar operasional PS5 Tablet Edition menjadi lebih tenang, sehingga nyaman digunakan di tempat publik.

Selanjutnya, DIY Perks merancang desain PS5 versi ramping menggunakan printer 3D. Cangkang konsol ini dibalut warna hitam dan putih sesuai dengan warna PS5, dilengkapi dengan tulisan “PS_GO” untuk mempercantik desain. Ia juga menambahkan subwoofer mini, dua speaker stereo, dan layar OLED 4K untuk meningkatkan pengalaman gaming.

Meskipun belum berhasil menemukan baterai yang cocok untuk perangkat ini, DIY Perks berhasil membuat PS5 Tablet Edition menggunakan power supply eksternal beserta outlet. Konsol ini berhasil diuji dengan berbagai game seperti Rocket League dan Gran Turismo 7, memberikan kemudahan bagi pengguna untuk bermain game di mana saja. Selain itu, kebisingan kipas PS5 portabel terbukti lebih rendah dibandingkan dengan laptop gaming 170 Watt.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu